Sabtu, 15 Oktober 2011

Tablet Android Honeycomb Terjual Diperkirakan 3,4 Juta Unit Saja


Sampai saat ini Google belum mengeluarkan angka resmi penjualan tablet Honeycomb di seluruh dunia. Hal ini menjadikan berbagai pihak bertanya-tanya bagaimana kemampuan tablet Android ini dalam bersaing dengan Apple iPad yang sampai saat ini disebut merajai pangsa penjualan tablet dunia. Oleh karena itu beberapa pihak membuat perkiraan penjualan ini termasuk seorang pengembang bernama Al Sutton mengatakan bahwa saat ini ada sekitar 3,4 juta tablet Honeycomb yang telah terjual di seluruh dunia.


Al Sutton memperoleh angka tersebut berdasarkan statistik versi platform Android terbaru yang dikombinasikan dengan angka aktivasi resmi Android yang diumumkan oleh CEO Larry Page saat pengumuman rekaman finansial Google beberapa waktu yang lalu.

Seperti diketahui, Larry Page mengatakan ada 190 juta perangkat Android yang sudah diaktivasi di seluruh dunia. Sementara itu dari statistika platform, ada 1,8% perangkat Android yang mengakses Android Market memakai Android versi 3.0, 3.1, atau 3.2 selama periode 14 hari, sedangkan 38,2% perangkat menjalankan Gingerbread 2.3.3 atau di atasnya. Dari kedua data inilah diperoleh angka perkiraan jumlah tablet sebanyak 3,4 juta unit.
Namun demikian perlu diingat bahwa angka ini hanya berdasarkan perangkat yang mengakses Android Market, di luar penyedia lain seperti Amazon App Market maupun pasar aplikasi lain. Selain itu angka ini tidak memperhitungkan tablet Android yang masih memakai Android versi lawas seperti Froyo yang juga banyak beredar seperti di Indonesia.

Sebagai perbandingan, penjualan Apple iPad generasi pertama telah terjual sebanyak 15 juta unit dalam waktu sekitar 1 tahun. Angka ini belum ditambah angka penjualan iPad 2 yang belum mencapai satu tahun rilis.
via Slashgear

0 comments:

Posting Komentar