Minggu, 22 Januari 2012

Menyebut Para Pekerjanya Binatang, Bos Foxconn Minta Maaf



Beberapa hari lalu tersebar berita kalau Terry Gou, CEO Foxconn dan juga chairman Hon Hai (perusahaan induknya Foxconn) mengeluarkan pernyataan kontroversial, ''Hon Hai memiliki lebih dari 1 juta tenaga kerja di seluruh dunia dan karena manusia adalah binatang, mengatur 1 juta binatang membuatku pusing.'' 

Tentu saja pernyataan tersebut sangat kontroversial, terlebih lagi karena Foxconn bermasalah dengan kasus bunuh diri pegawai mereka di China. Untuk mengatasi hal ini Foxconn sampai mengeluarkan pernyataan resmi:

Ada beberapa media yang melaporkan pembicaraan antara CEO Foxconn, Terry Gou dan Chin Shih-chien, direktur Kebun Binatang Taipei, yang terjadi di sebuah acara amal yang diadakan Foxconn di Taipei 15 Januari lalu. Dalam upaya untuk mendorong tim manajemen untuk belajar dari semua aspek kehidupan, Mr Gou memang mengatakan bahwa, karena semua manusia adalah anggota dari kerajaan binatang, mungkin kita dapat belajar dari pengalaman Mr Chin untuk mencari pelajaran yang dapat diterapkan untuk bisnis. Komentar Mr Gou juga diarahkan pada semua manusia dan bukan pada kelompok tertentu.

Sementara beberapa laporan pada komentar Mr Gou dalam bahasa Mandarin itu dibawa keluar dari konteks dan tidak secara akurat mencerminkan percakapan itu secara penuh, Mr Gou mengerti bagaimana laporan ini dapat disalahartikan dan dipandang sebagai pernyataan yang tidak sensitif dan ia secara tulus meminta maaf kepada siapa pun yang mungkin tersinggung oleh mereka. Pada waktu itu beberapa laporan media menganggap kalau Mr Gou terlihat menggambarkan karyawan Foxconn dalam konteks negatif.

Foxconn sudah menjadi perhatian media karena sekitar dua minggu lalu ratusan pekerja di pabrik Foxconn mengancam akan melakukan bunuh diri massal untuk mendesak peningkatan kesejahteraan kepada pihak perusahaan. Masalah ini timbul karena para pekerja kecewa setelah pemindahan lokasi dari Shenzen ke Wuhan, China. Terlebih mereka hanya mendapatkan upah sepertiga dari jumlah yang sudah dijanjikan sebelumnya. Keesokkan harinya Foxconn mengatakan dalam pernyataannya bahwa perundingan yang melibatkan 150 orang pekerja tentang masalah ini telah diselesaikan dengan jalan damai.


via neowin

0 comments:

Posting Komentar