Senin, 05 Maret 2012

iPad Beresolusi Tinggi akan Membuat Banyak Aplikasi Tidak Bisa Diunduh via 3G



Dua hari lagi sudah tanggal 7 Maret, dan fans Apple seluruh dunia pasti menanti-nantikan iPad baru yang akan diumumkan Apple. Rumornya iPad baru ini memiliki layar beresolusi sangat tinggi, 2048x1536 piksel, setara dengan hasil kamera 3,2 megapiksel. Resolusi tinggi ini akan membuat gambar, grafik dan ikon akan terlihat sangat bersih dan hidup, dan perbandingannya dengan iPad 1 maupun iPad 2 seperti Anda melihat layar iPhone 4 dan membandingkannya dengan layar iPhone 3GS.

Namun ini akan membuat masalah baru bagi para developer. Aplikasi yang mereka buat jika disesuaikan dengan Retina Display pada iPad baru ini dipastikan akan memperbesar ukuran aplikasi mereka. Padahal Apple sudah menentukan batas untuk mengunduh aplikasi via 3G hanya sampai 20MB saja. Jika sebuah aplikasi melebihi 20MB maka Anda harus berpaling ke WiFi untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Masalah ini terutama penting jika aplikasi tersebut melayani iPhone dan iPad dari 1 paket biner di AppStore. Developer aplikasi akan kehilangan pengguna potensial karena mereka memisahkan aplikasi mereka untuk versi iPhone dan iPad. 

Display resolusi tinggi 2048x1536 piksel akan membuat resolusi gambar dikali 4 dari sebelumnya, jika tidak maka gambar akan terlihat pixelized (pecah-pecah, kurang tajam). Misalnya, aplikasi seperti Consume dari Bjango dari ukuran 18,3 MB akan naik drastis menjadi kurang lebih 35MB.

Cara termudah untuk menangani masalah ini adalah jika APple memutuskan untuk menaikkan batas pengunduhan via 3G yang hanya 20MB bersamaan dengan pengumuman iPad baru itu. Jika tidak, maka para developer aplikasi yang akan pusing.


via phonearena

0 comments:

Posting Komentar