Minggu, 12 Juni 2011

Bersama Nokia, Windows Phone Akan Geser iOS Pada 2015


IDC dalam laporan terbarunya belum lama ini kembali membuat prediksi berani dengan menyatakan bahwa perangkat berbasis Windows Phone akan mampu meraih peringkat kedua pasar smartphone dunia di tahun 2015. Prediksi ini muncul dikarenakan IDC yakin jika kemitraan Nokia dan Microsoft akan berhasil dan bisa mengkonversi pengguna smartphone Symbian ke Windows Phone. Posisi Windows Phone ini hanya berada di bawah Android yang diperkirakan IDC akan terus memimpin, sementara perangkat berbasis iOS akan tergeser ke posisi ketiga diikuti RIM BlackBerry.
IDC pernah membuat prediksi serupa di bulan Maret lalu. Meskipun saat ini pangsa Windows Phone dan Windows Mobile terus tergerus, namun IDC mengatakan bahwa hal ini hanya akan terjadi sampai Nokia memperkenalkan smartphone berbasis Windows Phone dalam jumlah besar di tahun 2012. Dengan mengambil asumsi bahwa transisi Nokia ke Windows Phone akan berjalan mulus maka IDC berani memperkirakan bahwa OS mobile buatan Microsoft ini akan meraih 20% pangsa pasar di tahun 2015, hanya di bawah Android yang meraup sekitar 40% pangsa pasar.

Nasib Windows Phone ini akan berbanding terbalik dengan Symbian. Meski saat ini Symbian masih menguasai sekitar 20% pangsa pasar smartphone namun IDC memprediksikan bahwa di tahun 2015 hanya ada 0,2% smartphone berbasis Symbian yang masih digunakan. RIM BackBerry OS sementara itu masih tetap bertahan dengan pangsa sekitar 14% sedangkan iOS akan menurun menjadi sekitar 16% meski volume penjualannya tetap meningkat.

via slashgear

0 comments:

Posting Komentar