Selasa, 21 Juni 2011

Game Angry Birds Dijadikan Soal Ujian Fisika


Angry Birds rupanya bukan hanya jadi game yang menghibur saja, namun juga dapat digunakan untuk kepentingan edukasi, khususnya fisika. Sebuah aliansi guru fisika di New York bagian barat telah menggunakan Angry Birds dalam soal ujiannya belum lama ini.
Peserta ujian diminta untuk menganalisa berapa nilai gravitasi yang digunakan dalam game Angry Birds dan memberikan alasannya dalam penyelesaian hitungan fisika. Untuk menjawabnya para peserta diberikan video clip game tersebut agar bisa meneliti lebih lanjut.

Nilai gravitasi yang ada di game Angry Birds dan dunia nyata memang berbeda, gravitasi di game ini memang lebih lemah dan momentumnya memang tidak berjalan sama seperti dunia nyata yang memiliki nilai 9.8m/s². Beberapa pertanyaan yang menarik adalah:
'Buat perkiraan yang masuk akal mengenai nilai gravitasi di Angry Birds?'
'Apakah burung bewarna biru tetap mempertahankan momentumnya ketika terpencar jadi 3 ekor?'
'Apakah burung putih tetap mempertahankan momentum ketika melempar bom?'
'Mengapa designer game tersebut membuat cara melempar bom pada burung putih seperti itu?'
Hmm, mungkin ini akan menjadi pertanyaan yang menarik sekaligus sulit untuk dijawab karena dijamin tidak ada satupun peserta ujian yang menyangka akan diberikan soal seperti ini. Kira-kira jawabannya seperti apa yah? Siapa tahu ada hadiah spesial bagi yang bisa menjawabnya dengan tepat.
via maclife

0 comments:

Posting Komentar