Jumat, 24 Juni 2011

Setelah Hampir 4 Tahun, Apple Akhirnya Dapatkan Paten Multitouch


Setelah hampir 4 tahun, Apple akhirnya mendapatkan paten untuk teknologi multitouch yang mereka gunakan pada perangkat mobile nya. Di ajang konferensi MacWorld 2007 disaat mereka pertama kali memamerkan iPhone, Steve Jobs mengatakan kalau Apple akan mendaftarkan paten untuk multitouch. Paten ini akhirnya mereka daftarkan pada 19 Desember 2007, beberapa bulan setelah iPhone pertama rilis ke pasaran, yang memungkinkan Apple menggugat dan mencegah kompetitor mereka untuk memakai multitouch pada produk-produknya.


In some embodiments, the device has a touch-sensitive display (also known as a 'touch screen') with a graphical user interface (GUI) [...] the user interacts with the GUI primarily through finger contacts and gestures on the touch-sensitive display.
Apa yang dikhawatikan Apple akhirnya terjadi. Sejak iPhone pada 2007, hampir semua smartphone non-Apple dengan layar sentuh kini memakai multitouch untuk berinteraksi dengan layarnya. Apple sendiri menggunakan multitouch ini pada semua produk mobile nya seperti iPhone, iPod Touch, iPad, dan terakhir iPod Nano. Bahkan multitouch sudah masuk ke komputer dengan akssesoris untuk Mac seperti trackpad, mouse, dan terakhir Mac OS X Lion menggunakan mulitouch gesture.
Dengan perlindungan paten atas teknologi ini, Apple sekarang memiliki kemampuan meminta pihak-pihak berwenang untuk membanned import atas semua produk-produk yang mereka jual. Paten ini tentu menjadi tamparan keras bagi pembuat handset yang mengandalkan multitouch pada produk nya, terutama Samsung dan HTC yang belakangan ini sedang meningkat penjualan ponsel pintar layar sentuh nya yang berbasis Android ataupun Windows Phone.
Florian Mueller, seorang pengacara paten, mengatakan kalau kompetitor Apple akan kehilangan kemampuan kompetisinya jika produk mereka tidak memiliki teknologi multitouch karena hanya bisa mengenal satu sentuhan dilayar mereka.

This patent covers a kind of functionality without which it will be hard to build a competitive smartphone, [...] Unless this patent becomes invalidated, it would allow Apple to stifle innovation and bully competitors
Paten ini bernomor 7.966.57 dan berisi mengenai 'computer-implemented method, for use in conjunction with a portable multifunction device with a touch screen display, [that] comprises displaying a portion of page content, including a frame displaying a portion of frame content and also including other content of the page, on the touch screen display'. Kini Apple secara hukum memiliki hak untuk menggunakan multitouch pada semua produknya sekaligus mempertahankan hak kekayaan intelektual mereka dengan menghadang kompetitor untuk memakai teknologi yang sama. Mungkin kita semua sudah tahu apa yang kira-kira akan Apple lakukan pada beberapa hari kedepan.

via redmondpie

0 comments:

Posting Komentar