Rabu, 11 Januari 2012

Tahun Ini Samsung Yakin Akan Mengalahkan Nokia Sebagai Vendor Nomor Satu Dunia



Samsung baru saja mengakhiri kuartal akhir 2011 sebagai pembuat smartphone terbesar di dunia, namun CEO mereka percaya Samsung dapat juga mendominasi kombinasi penjualan feature phone dan smartphone sekaligus di tahun 2012 ini. CEO Choi Gee-sung percaya tahun 2012 menandakan akhir dari 14 tahun berkuasanya Nokia di pasar ponsel, dan saatnya Samsung mengambil alih.

Choi menyatakan Samsung sudah mengalahkan Nokia dalam hal penghasilan di kuartal terakhir 2011. Selanjutnya mereka mengincar untuk mengalahkan Nokia dalam hal total ponsel yang terjual. Di tahun 2011 Nokia diperkirakan telah menjual 418 juta unit ponsel, sedangkan perkiraan angka untuk Samsung adalah 320 juta unit.

Bisa dikatakan penurunan performa Nokia dikarenakan Nokia telat mengantisipasi meledaknya antusiasme para pengguna smartphone kepada ponsel berlayar sentuh sewaktu iPhone dirilis di tahun 2007. Setelah perpindahan manajemen di tahun 2010, di Februari 2011 Nokia berpaling dari Symbian ke Microsoft Windows Phone. Di kuartal kedua 2011, gelar raja smartphone selama 10 tahun yang dipegang Nokia direbut oleh Apple, di kuartal ketiga oleh Samsung.

Namun Nokia masih sangat kuat di pasar negara berkembang, area dimana Samsung kesulitan melawan perusahaan asal Finlandia. Para analis menekankan jika Samsung ingin menjadi vendor ponsel nomor satu di 2012, keluarga Windows Phone-nya Nokia harus gagal di pasaran atau Samsung harus berusaha habis-habisan di pasar negara berkembang.


via phonearena

0 comments:

Posting Komentar