Jumat, 03 Februari 2012

Apple Menempati Peringkat Ketiga Sebagai Manufaktur Ponsel Terbesar di Dunia



Menurut laporan dari IDC, Apple telah menyalip LG untuk menjadi manufaktur ponsel terbesar di dunia. Menurut laporan tersebut Apple telah mengapalkan 37 juta unit di kuartal keempat 2011, dimana mendapat bagian 8.7% pangsa pasar, di bawah Nokia 26.6% dan Samsung 22%. Diposisi keempat ada LG Electronics yang hanya terpaut tipis dari manufaktur asal Cina, ZTE.
Dalam jangka tahunan, masih memperlihatkan hasil yang mirip yaitu Nokia menduduki posisi pertama dengan pangsa pasar 27%, diikuti Samsung dengan 21.3%, Apple 6.0%, LG dengan 5.7%, dan ZTE dengan 4.3%.
Tentu saja angka-angka tersebut tidak dapat mewakilkan kondisi sepenuhnya. Nokia sebenarnya mengalami kemerosotan pangsa pasar dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi dengan bos Nokia Jorma Ollila, yang akhir-akhir ini memperingatkan bahwa progress Nokia akan melambat di tahun 2012, mungkin saja nanti posisi Nokia akan tergeser dari urutan pertama.

Yang mengesankan adalah Apple dimana pangsa pasarnya terus meningkat tajam dari tahun ke tahun terlebih dengan penjualan smartphone terbarunya iPhone 4S.
IDC mengatakan, keseluruhan pasar ponsel mengalami kenaikkan 11.1% di tahun 2011, turun dari kondisi yang sebelumnya terus naik sampai tahun 2010 dengan 18,7%. Namun ada berita baik datang dari Apple karena hanya dengan memproduksi satu jenis smartphone saja namun pertumbuhan dua kali lipat miliknya akan terus berkembang di masa yang akan datang.
via mashable

0 comments:

Posting Komentar