Jumat, 03 Februari 2012

Bocoran Windows Phone 8: NFC, Prosesor Multi Core dan Perpaduan Dengan Windows 8



Sebuah video untuk staf Nokia telah ditonton oleh PocketNow, yang memperlihatkan Windows Phone 8 sebagai sebuah batu loncatan besar untuk OS mobile milik Microsoft itu. Video tersebut dibintangi oleh eksekutif senior Windows Phone, Joe Belfiore, mengungkapkan bahwa update yang dinamakan Apollo ini akan menambahkan dukungan prosesor dengan multi-core agar tetap kompetitif menghadapi iOS dan Android. Juga akan adanya 4 resolusi layar baru.

Pilihan konservatif Microsoft selama ini dalam urusan perangkat keras membuat banyak ponsel memiliki prosesor single core saja, selain itu semuanya berlayar 800x480 piksel, padahal ada beberapa smartphone Windows Phone 7 yang ukuran layarnya diatas 4 inci.


Rencana penerapan NFC pada Windows Phone pun akan lebih ambisius, diantaranya adanya dukungan tap-to-share yang mirip dengan Android Beam namun akan bekerja dengan desktop, notebook dan tablet serta ponsel lainnya. Fitur mobile payment juga akan ditanamkan.

Perpaduan antara Windows Phone 8 dengan Windows 8 betul-betul dilakukan, banyak komponennya sama, membuat para developer dapat menulis kode untuk aplikasi Windows 8 dan menggunakan mayoritas kode tersebut di WP8. Microsoft juga akan menghapus ketergantungan WP dari Zune dan menggantinya dengan aplikasi sinkronisasi lain.

Apollo seharusnya mendukung aplikasi yang benar-benar native untuk performa yang lebih intens. Kontrol dan fitur kamera akan lebih banyak, aplikasi Skype, DataSmart (untuk melihat penggunaan data bulanan Anda), Local Scout (pencarian hotspot WiFi selain titik interest biasa), Internet Explorer 10 (menggunakan server proxy ala Opera untuk mengkompres halaman)

Apollo akah hadir di akhir 2012 dan mungkin akan didahului oleh update minor di kuartal kedua, Tango.

via electronista, pocketnow

0 comments:

Posting Komentar