Minggu, 20 Mei 2012

Samsung Galaxy S III Diperkirakan Dibuat oleh Sekitar 75 Ribu Pekerja



Sebuah perhitungan matematis telah dilakukan ExtremeTech untuk memperkirakan berapa jumlah pekerja yang dibutuhkan untuk memenuhi jumlah pre-order Samsung Galaxy S III yang dikabarkan telah dipesan hingga 9 juta unit. Dari perhitungan tersebut dapat diperkirakan bahwa Samsung membutuhkan 75.000 pekerja untuk memenuhi pesanan atas Samsung Galaxy S III di seluruh dunia.
Sebagai dasar perhitungan awal, diambil asumsi seperti yang dikatakan oleh seorang pekerja Foxconn yang mengatakan bahwa satu lini produksi bisa membuat 3500 unit Apple iPhone 4S. Dengan asumsi bahwa pembuatan Galaxy SIII sesulit iPhone 4S, maka 640 karyawan akan bisa menghasilkan 84.000 unit iPhone 4S atau Galaxy S III dalam sebulan. Dengan demikian maka untuk membuat 5 juta unit Galaxy S III dibutuhkan 60 lini produksi dengam total 38.400 pekerja. Mengingat jumlah pesanan mencapai 9 juta unit, maka Samsung akan membutuhkan 76.800 pekerja.
Berbeda dengan iPhone 4S, beberapa komponen Samsung Galaxy S III dibuat oleh Samsung sendiri yaitu layar OLED, prosesor Exynos, hingga RAM dan NAND flash. Mengingat biaya tenaga kerja di Korea jauh lebih tinggi dibandingkan di China (34 dolar dibanding 8 dolar), maka Samsung membutuhkan biaya yang jauh lebih besar untuk membuat Galaxy S III dibandingkan saat Apple membuat iPhone 4S. Meski begitu, biaya untuk 75.000 pekerja tersebut hanyalah sekitar 10% dari total pengeluaran Samsung, namun lebih besar dari total keseluruhan pengeluaran Google.

Jumlah pemesanan 9 juta unit Samsung Galaxy S III ini di atas angka penjualan Microsoft Kinect sebanyak 8 juta unit yang terjual dalam 60 hari. Jika keseluruhan pesanan tersebut dapat terjual dalam 2 bulan sejak diluncurkan, maka Samsung Galaxy S III akan menjadi gadget paling laris di dunia, mengalahkan rekor yang dicetak Microsoft Kinect.
via phonearena , extremetech

0 comments:

Posting Komentar