Sabtu, 12 Mei 2012

Elop: Konsumen Tidak Peduli OS Apa Yang Berjalan Pada Ponselnya



Nokia dan Microsoft sudah bekerja sama selama hampir 15 bulan untuk mengembangkan ponsel Windows Phone. Lumia sendiri sudah hadir sejak November 2011 dimana diketahui sudah hampir mencapai angka 2juta unit dalam hal penjualan. Dalam sebuah artikel di Wired untuk Juni 2012 sempat dikutip beberapa hal menarik oleh Into Mobile mengenai perjalanan Nokia yang dipimpin oleh Elop.
Disana sempat dikatakan oleh Elop bahwa Nokia saat ini memiliki 4 keunggulan kompetitif. Pertama adalah teknologi kamera yang telah diirlis melalui Nokia 808 PureView, ponsel Symbian yang mampu merekam gambar 41MP. Kedua adalah kemampuan Nokia untuk berinovasi dengan hardware, dimana sudah diaplikasikan pada N9 dan ponsel Symbian lainnya. Pengguna cukup menekan speaker ketika ingin mendengarkan lagu dimana lagu akan langsung diputar.
Berikutnya adalah keunggulan dibidang lokasi dan map, dimana saat ini Nokia mempekerjakan hampir 1.600 ahli geografi pada divisi map mereka, menawarkan juga instruksi mengemudi secara detil dalam 50 bahasa berbeda di 100 negara. Terakhir adalah desain, seni mendesain suatu produk agar menarik di mata konsumen. Nokia telah menggabungkan semua desain, warna, material, dan juga pengalaman konsumen ke dalam satu organisasi miliknya.
Elop menyebut bahwa desain dalam ponsel sangat berperan penting, dimana ia mengatakan bahwa saat ini mereka memiliki jumlah karyawan yang lebih sedikit untuk mengerjakan OS. Ia juga mengatakan bahwa ia akan membiarkan mereka (Microsoft) yang mengembangkan OS sedangkan ia akan membedakan ponsel merk Nokia dengan merk lain melalui desain. Bahkan Elop menambahkan bahwa konsumen tidak terlalu peduli dengan OS manakah yang mengoperasikan ponsel mereka, yang konsumen inginkan adalah perangkat yang menawarkan kinerja yang cepat dan memerlukan langkah yang lebih sedikit untuk mengerjakan sesuatu dibandingkan platform lain.
via intomobile

0 comments:

Posting Komentar