Sabtu, 12 Mei 2012

Samsung: Layar PenTile Lebih Handal dan Tahan Lama



Pada acara CTIA di New Orleans, Manager Marketing Samsung sekaligus kontributor Slash Gear,Philip Berne, sempat membela pilihan Samsung untuk menggunakan layar AMOLED PenTile. Sebelumnya memang sudah sering terdengar mengenai banyaknya pihak yang membedakan layar yang digunakan LG dan Samsung, dimana PenTile pixel Matrix yang digunakan Samsung pada layar SAMOLED ternyata terlihat kurang tajam dan rapat jika dibandingkan dengan layar LCD.
Berne menjelaskan bahwa layar PenTile AMOLED lebih tahan lama jika dibandingkan dengan komponen pada layar lain. Berne mengatakan bahwa pada layar AMOLED, sub-piksel warna biru lebih cepat terbakar dibandingkan dengan merah dan hijau, ini dikarenakan PenTile matrix menggunakan setengah dari jumlah piksel merah dan biru yang berada pada RGB matrix sepenuhnya. Walaupun akan tampak kurang tajam namun cara inilah yang menjadikan layar tahan lama untuk digunakan oleh konsumen.
Ia mengatakan bahwa penggunaan layar ini disebabkan salah satunya dengan panjangnya durasi kontrak ponsel dengan operator, biasanya 2 tahun, dimana tentu Samsung mengedepankan kehandalan serta ketahanan komponen. Berne juga menyetujui bahwa layar PenTile tampak kurang tajam resolusinya, namun pada ponsel dengan resolusi tinggi layaknya Galaxy Note dan Galaxy S III dijanjikan perbedaan hampir tidak terlihat.
via slashgear

0 comments:

Posting Komentar