Sabtu, 07 April 2012

Remaja yang Jual Ginjal demi iPhone dan iPad Menderita Gagal Ginjal



Mungkin Anda ingat kasus yang sempat populer di bulan April 2011 lalu, berkisah tentang seorang remaja 17 tahun di kota Chenzhou, China rela menjual sebelah ginjalnya demi membeli iPad2. Remaja yang diketahui bernama Xiao Zhen itu mengaku nekat melakukannya karena sangat ingin memiliki sebuah iPad2. 

Setelah meyakinkan diri Xiao Zhen pergi ke rumah sakit di kota ChenZhou propinsi Hunan dan melakukan operasi pengangkatan ginjal yang dilakukan oleh beberapa dokter swasta pada tanggal 28 April 2011. Operasi berjalan sukses dan setelah pemulihan selama 3 hari di rumah sakit tersebut, Xiao Zhen diperbolehkan pulang dan mendapat bayaran 20.000 yuan (Rp. 28,84 juta).

Perbuatan itu akhirnya ketahuan oleh ibunya karena ia merasa aneh anaknya dapat membeli barang-barang mahal dengan uangnya sendiri. Bocah yang berasal dari Anhui, salah satu provinsi paling miskin di China, tentu dicurigai ibunya ketika ia tiba-tiba dapat membeli iPhone dan iPad yang totalnya lebih dari US$ 1000. Ketika ditanyai, si anak akhirnya mengakuinya dan si ibu melaporkan kejadian ini ke polisi. Akhirnya beberapa hari lalu 5 orang, termasuk pelaku operasi pengangkatan ginjal pun ditangkap oleh polisi.

Sekarang anak itu bernasib buruk. Ia menderita gagal ginjal, yang berarti ginjalnya sudah tidak dapat mem-filter racun-racun dari darahnya. Dokter pun berkata ia membutuhkan transplantasi ginjal. Di China sendiri, penjualan organ tubuh manusia baru dikategorikan sebagai kriminal di tahun 2007.


via gizmodo

0 comments:

Posting Komentar