Minggu, 18 Desember 2011

Prosesor A5 Untuk iPad 2 dan iPhone 4S Dibuat Oleh Samsung di Texas?




Sebuah laporan mengklaim kalau prosesor iPhone 4S dan iPad 2, yakni chip dual core A5, diproduksi oleh Samsung di Texas, Amerika Serikat. Menurut Reuters, Samsung memproduksi chip ini di sebuah pabrik di Austin. Fasilitas ini yang sudah berproduksi penuh awal bulan ini, membuat Samsung mengeluarkan uang sejumlah $ 3.6 miliar. Meskipun pabrik ini tidak hanya memproduksi prosesor untuk Apple, sumber dari Reuters melaporkan kalau nyaris semua produk adalah A5.

A5 adalah sebuah sistem di dalam sebuah chip (system-on-a-chip , SoC) yang terdiri dari prosesor, kartu grafik dan memori sistem. Ini cukup menarik karena mayoritas komponen iPhone dan iPad dipabrikkan di luar AS, yakni di Korea Selatan dan China yang merupakan area kunci Apple, dan sudah lama dipercaya kalau Amerika Serikat bukan area kunci Apple.

Kisah utamanya bukan mengenai lokasi, namun mengingat pertarungan paten antara dua rival berat ini (Apple dan Samsung) yang masih terjadi di beberapa bagian dunia, agak aneh karena sejauh ini baik Samsung maupun Apple menjauhi persaingan paten di negara-negara yang merupakan area kunci mereka.

Sebelumnya digosipkan kalau Apple memindahkan pembuatan chip ke perusahaan asal Taiwan yakni Semiconductor Manufactoring, namun kedua perusahaan tidak atau belum mengkonfirmasi hal ini. Namun rumor berbalas rumor, ada spekulasi baru kalau Apple masih harus bergantung pada Samsung untuk pembuatan prosesor Apple A6 untuk iPad dan iPhone berikutnya karena perusahaan Taiwan memiliki masalah dalam kecepatan produksi dalam menangani permintaan Apple.

via CNET

0 comments:

Posting Komentar