Sabtu, 31 Desember 2011

Apple Daftarkan Paten Unlock Lewat Pengenal Wajah, Mirip pada Android ICS?



Kantor paten Amerika Serikat (US Patent and Trademark Office - USPTO) baru saja mempublikasikan aplikasi paten oleh Apple yang menjelaskan rencana perusahaan tersebut untuk mengimplementasikan teknologi pengenal wajah dan kehadiran seseorang. Aplikasi teknologi ini akan dipasang pada produk Apple termasuk iPhone, iPad, iPod touch, hingga laptop MacBook.
Teknologi deteksi kehadiran akan bisa digunakan untuk otomatis menghidupkan perangkat ketika merasakan kehadiran pengguna. Teknologi pengenal wajah bisa digunakan untuk membuka perangkat tanpa password. Perangkat juga bisa dikonfigurasikan untuk mengenali wajah dari sekelompok pengguna seperti di keluarga atau kantor.

Teknologi pengenal wajah ini menggunakan pemetaan perbedaan secara sederhana dan tidak menggunakan teknologi yang kompleks sehingga hanya menggunakan sumber daya sistem yang sedikit dan bisa mereduksi variasi kulit dan pencahayaan. Teknologi ini juga bisa disambungkan ke GPU perangkat sehingga tidak membebani software karena bertumpu pada hardware.
Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) juga telah memakai fitur pendeteksi wajah namun teknologi ini bisa dikelabui melalui foto. Solusi Apple untuk masalah ini adalah dengan menganalisis profil hidung dan mata serta jarak di antara keduanya untuk membedakan wajah pengguna/pemilik perangkat. Kehandalan teknologi ini atas fitur Face Unlock di Android ICS masih perlu dibuktikan saat teknologi ini diimplementasikan dan diujicoba.
via BGR, slashgear, patebtly apple

0 comments:

Posting Komentar