Selasa, 23 Agustus 2011

Apple A6 Akan Berkecepatan Tinggi Dan Hemat Batere Untuk iPad 3


iPad terbaru dari Apple nantinya akan memiliki efisiensi tenaga yang lebih baik dan lebih cepat karena menggunakan prosesor quad core A6 dan akan dirilis Juni tahun depan.
Pernyataan tersebut dikatakan oleh analis pada Senin lalu. Linley Gwenap, pendiri dari The Linley Group mengatakan kalau A6 akan menjadi penerus dari A5 yang digunakan pada iPad 2 (dan sepertinya iPhone 5) dan akan diuat oleh perusahaan Taiwan. Dia menambahkan kalau A5 dibuat oleh Samsung dan Apple tidak berniat memperpanjang kerja sama karena permasalahan hukum antar keduanya.
Tidak seperti Gwenap, sebuah sumber dari Wall Street Journal mengatakan kalau Apple menginginkan untuk cepat merilis iPad 3 dan diharapkan bisa keluar pada awal tahun depan. Apa yang membuat chip A6 akan memiliki performa lebih baik dan daya tahan batere lebih lama ? Jawabaannya adalah karena A6 dibuat dengan proses 28-nanometer, lebih kecil dari A5 yang dibuat dengan 40-nanometer, yang membuat A6 lebih kecil dan lebih cepat.
''Penyuka tablet sangat tertarik dengan tablet yang memiliki performa lebih baik namun dengan daya tahan batere yang sama.'' kata Gwenap.
Device dengan prosesor dual core sudah banyak dirilis tahun ini, salah satu nya adalah iPhone 5 yang sangat besar kemungkinan menggunakan A5 seperti iPad 2. Menurut Gwenap chip A6 ini akan menggunakan arsitektur ARM Cortex A9 sama dengan pada A5. Nantinya A6 akan berkompetisi dengan prosesor dari Nvidia Tegra 3, Qualcomm, dan Texas Instruments yang juga sedang mengerjakan prosesor 4 inti. ARM sendiri sudah mengumumkan prosesor Cortex A-15 tetapi pengerjaannya pada produk-produk mobile baru akan selesai akhir tahun depan atau awal 2013.
via computersworld

0 comments:

Posting Komentar