Rabu, 26 Oktober 2011

Slide-to-Unlock Sudah Berhasil Dipatenkan Oleh Apple


Apple tampaknya sudah berhasil menambahkan lagi amunisi untuk menghadapi perang melawan vendor lainnya. Paten yang didapatkan oleh Apple ini, sistem membuka ponsel dengan digeser (slide-to-unlock) yang diterima dan sudah dikonfirmasi oleh US Patent and Trademarks Office (USPTO). Sistem untuk membuka ponsel layar sentuh yang seperti ini memang sudah lumrah kita temui, baik di iPhone, iPad, iPod Touch yang merupakan lini produk milik Apple, atau bahkan di ponsel dan tablet Android juga ponsel Windows Phone yang lama.

Memang dengan tidak adanya tombol fisik pada ponsel dan tablet, vendor harus berusaha memikirkan cara bagaimana perangkat tersebut tidak akan terbuka tanpa keinginan pengguna, dan diketahui slide-to-unlock merupakan cara paling bagus untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti yang diketahui juga pada tahun 2007 Steve Jobs mengumumkan iPhone pertama dan memperkenalkan slide-to-unlock ini seraya mengatakan bahwa cara membuka ponsel ini merupakan cara yang paling intuitive untuk membuka perangkat layar sentuh.

To unlock the phone, I just take my finger and slide it across. Wanna see that again? We wanted something you couldn t do by accident in your pocket. Just slide it across – BOOM.
Pada tahun 2005 bahkan 2 tahun sebelum iPhone pertama diumumkan, Apple sudah mengirimkan keinginannya untuk mempatenkan slide-to-unlock tersebut, namun ditolak oleh pengadilan di Eropa karena sebelumnya sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem tersebut. Namun sekarang dengan keberhasilannya mempatenkan slide-to-unlock ini, Apple berusaha melindungi diri dari banyaknya vendor lain yang menggunakan sistem serupa dengannya.

A device with a touch-sensitive display may be unlocked via gestures performed on the touch-sensitive display. The device is unlocked if contact with the display corresponds to a predefined gesture for unlocking the device …

Melihat begitu detilnya kata-kata pada paten tersebut, tentunya banyak vendor yang menggunakan slide-to-unlock ini harus mengganti atau membayarkan royalti pada Apple.

via nexus404

0 comments:

Posting Komentar