Minggu, 11 Desember 2011

WebOS Akan Dijadikan Open Source




HP mengguncang dunia teknologi ketika Agustus lalu mereka mengumumkan kalau mereka akan menghentikan produksi perangkat yang menjalankan platform webOS. Sejak saat itu, kita berpikir apa yang akan dilakukan mereka dengan webOS, rumor kalau mereka akan melisensikannya ke pabrikan lain telah mengemuka. Akhir November HP mendiskusikan rencana mereka mengenai masa depan webOS, dan menyatakan akan mengumumkannya dalam dua minggu berikutnya. Sekarang, HP menepati janjinya dan mengungkap nasib dari webOS, yang akhirnya akan dirilis sebagai sebuah proyek open source.

Ini bukan berarti HP sudah lepas tangan dan benar-benar meninggalkan webOS serta meninggalkan pengembangannya ke komunitas, namun HP menyatakan mereka akan tetap aktif untuk pengembangan webOS, misalnya mengkontribusikan bantuan finansial. Dalam tambahan untuk kode inti webOS, HP juga merilis framework aplikasi ENYO. 

Jadi, bagaimana pengaruh hal ini untuk pengembangan webOS yang sedang berjalan. Tentu saja para pemilik dan komunitas pengembang akan tertarik, tapi bagaimana dengan pabrikan? Apakah pabrikan akan masuk dan merilis sebuah perangkat baru dengan webOS di dalamnya? Sepertinya agak sulit kita akan melihat vendor smartphone besar akan masuk, namun tentunya masih ada kemungkinan ada vendor yang akan terlibat.


via pocketnow

0 comments:

Posting Komentar