Rabu, 21 Desember 2011

HTC Terbukti Langgar Satu Paten Apple, Siap Modifikasi Handset untuk Hindari Pelarangan


International Trade Commission (ITC) Amerika Serikat telah mengeluarkan keputusan terkait perselisihan hukum antara Apple dan HTC. Dalam keputusan tersebut ITC menyatakan telah menemukan fakta bahwa HTC telah melanggar sebuah paten dengan dua klaim dari Apple. Paten yang dilanggar adalah tentang cara memformat data seperti nomer telepon yang berada di dokumen tak berstruktur seperti email yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan data tersebut. ITC tidak menemukan pelanggaran HTC pada dua paten lain yang berhubungan dengan pemrosesan sinyal secara realtime.
HTC kemudian memberikan pernyataan bahwa keputusan ITC ini merupakan kemenangan untuk HTC. Mereka berterimakasih kepada ITC atas putusan yang dibuat dengan baik ini dan mereka akan menghormatinya. Terkait paten yang dilanggar, HTC akan segera menghilangkan fitur tersebut sepenuhnya dari semua produk ponsel miliknya. Penghilangan fitur ini akan menghilangkan kemampuan ponsel HTC untuk berinteraksi dengan data yang ada di sms atau email misalnya, sehingga pengguna tidak akan bisa lagi menyentuh nomer telepon seseorang yang termuat di pesan tersebut untuk langsung dilakukan panggilan telepon, suatu fitur yang sebenarnya sudah jamak dipakai di hampir semua ponsel modern.
Dengan keputusan ini maka HTC menghadapi resiko pelarangan penjualan handsetnya di Amerika Serikat yang mengandung paten tersebut. Namun demikian pelarangan ini baru akan dilaksanakan mulai tanggal 19 April 2012 mendatang sehingga HTC bisa saja tidak akan menghadapi masalah jika fitur tersebut telah dihapus sebelum tanggal tersebut.
Meski sudah diputus final oleh ITC, kasus ini diperkirakan belum selesai sampai di sini. Dimungkinkan salah satu pihak, terutama Apple, akan mencoba untuk mengajukan kasus ini ke pengadilan setelah lewat dari ITC.
via engadget

0 comments:

Posting Komentar