Rabu, 11 April 2012

Kurang dari Setahun, Pangsa Pasar Android di China Sudah Berlipat Ganda



China merupakan pasar ponsel terbesar di dunia dengan populasi lebih dari 1,3 miliar orang. Pelanggan selular di China sendiri ada 988 juta. Di sana, Google Android adalah sistem operasi mobile terpopuler sejak tahun 2011 lalu, dengan pangsa pasar sebesar 35 persen dalam waktu kurang dari setahun. Rupanya angka tersebut sudah berlipat ganda menjadi dua kali lipat. Menurut perusahaan riset Analysys International yang bertempat di Beijing, Android memiliki 68 persen dari pangsa pasar smartphone, dua kali lipat lebih jika dibanding 33 persen di tiga kuartal (9 bulan) sebelumnya.

Meskipun iPhone juga populer, namun Android tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, serta tidak lupa memiliki rentang harga dari buatan lokal yang sangat murah sampai buatan vendor besar yang mahal sehingga bisa dibilang jauh lebih fleksibel daripada iPhone untuk penjualan di negeri Tirai Bambu.

Apple memang memiliki 15 juta pengguna iPhone di China, namun tentu saja angka tersebut bukan apa-apa dibanding semilyar pengguna ponsel. Meski begitu China merupakan pasar paling penting untuk Apple setelah Amerika Serikat, menurut CEO Apple Tim Cook ketika berkunjung ke pabrik Foxconn bulan lalu. Wajar saja, sebab China mengkontribusikan lebih dari 16 persen ($4,5 miliar) untuk pendapatan Apple di kuartal 4 tahun lalu. Pangsa pasar iPhone sendiri naik dari 4,1 persen di kuartal pertama 2011 menjadi 5,7 persen di akhir 2011.


via cnet

0 comments:

Posting Komentar