Sabtu, 14 April 2012

Posisi Nokia Sebagai Pemimpin Penjualan Ponsel Dunia akan Tergeser oleh Samsung



Setelah 14 tahun, tampaknya Nokia harus rela posisinya sebagai perusahaan manufaktur ponsel terbesar di dunia tergeser. Ada beberapa laporan yang mengatakan dimana Nokia mungkin akan tergeser jika mereka tidak dapat mengumpulkan daya tarik yang lebih besar. Tapi salah satu laporan ini mungkin salah satu laporan yang dapat dipercaya tentang bagaimana keberadaan Nokia saat ini dan nanti.
Sebuah analisa dengan polling yang dilakukan Reuters menghasilkan bahwa Samsung diperkirakan akan menjual sekitar 88 juta handset di kuartal pertama 2012. Sementara itu Nokia hanya menjual sekitar 83 juta handset.
Nokia pertama kali mendapat gelarnya sebagai pemimpin di bidang penjualan ponsel di tahun 1998, dan semenjak itu posisi Nokia tidak pernah tergeser oleh perusahaan lain. Meskipun mereka kehilangan momentumnya di benua Amerika dan Eropa, namun perusahaan ini masih memiliki posisi khusus di hati penggemarnya di bagian dunia lain dimana tidak memiliki pasar ponsel yang sengit. Bahkan perusahaan tersebut telah menutup pintu untuk sistem operasi yang sempat melambungkan namanya (Symbian), dan membangun strategi smartphone baru dari bawah, merumahkan ribuan karyawan, namun Nokia faktanya masih berdiri di pasar global, dan masih menempati posisi pertama dalam hal jumlah unit penjualan.
Kehilangan posisi di industri mobile mungkin akan menjadi pukulan yang keras bagi perusahaan tersebut , terlebih di pasar smartphone. Kini Nokia telah memulai aksi-aksi terbarunya, jadi berita ini tidak hanya cerita tentang kemungkinan Nokia terkubur, tapi juga menandakan pertumbuhan Samsung yang mengagumkan. Samsung telah membuat kehadiran yang luar biasa dan benar-benar menjadi merek ternama di dunia mobile.
via slashgear


0 comments:

Posting Komentar