Rabu, 11 April 2012

Apple Dituduh Menghindari Pembayaran Pajak di Inggris



Apple dituduh menghindari pembayaran pajak secara penuh di Inggris, dimana vendor asal Cupertino tersebut dikatakan masih belum membayar pajak untuk tahun lalu. Menurut laporan, Apple yang menghasilkan 6miliar pounds hanya membayar sekitar 10juta pounds saja, yang dikatakan masih berada dibawah standar Inggris.

Setelah dikumpulkan berbagai informasi dari divisi retail pada tahun 2010, dokumen ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut juga membayar pajak kurang dari yang yang biasanya perusahaan sejenis bayarkan di Inggris. Dokumen tersebut juga menujukkan bahwa Apple hanya membayarkan 3.79juta pounds pada penjualan retail dari total 500juta pounds. Dikatakan pula bahwa total penjualan Apple di Inggris amatlah tinggi dibandingkan negara lain, diestimasi pendapatan yang berasal dari Inggris mencapai 10% total pendapatan mereka, 63miliar pounds.

Selain di Inggris, tampaknya Apple juga membayar dibawah yang sudah seharusnya dibayarkan. Apple dikatakan hanya membayar sebesar 25,3% saja, dari 35% yang diharuskan. Alasan Apple adalah bahwa pendapatan luar negri mereka tidak disitribusikan/dibagikan.

Selain Apple, dikatakan juga bahwa Google dan Amazon tampak memiliki perilaku serupa.


via dailymail, cnet

0 comments:

Posting Komentar